Back To Top Teknik Elektronika Industri "Inovatif Kreatif Edukatif" SMK YPM 12 Tuban...Dari Manapun Sekolahnya Daftarnya Ya Di SMK YPM 12 Tuban...Jurusannya Ya Teknik Elektronika Industri...Teknik Elektronika Industri??? Waaah...Asik Baangeettt

Jl.Manunggal Utara No.10 Tuban Telp. 0356-326478 email: ellinypm12@gmail.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Profil

PROFIL JURUSAN 



Teknik Elektronika Industri

Kalau kita menceritakan dan mengupas di balik istimewanya sekolah kita yang luar biasa ini memang nggak pernah ada habisnya. Nah, maka tak ada salahnya ya kalau kita menelisik keunikan dan asiknya jurusan yang berada di lingkup Elektronika Industri. Cekidot ya!
Okey.. Pastinya nggak asing lagi dong, dengan satu jurusan yang nggak usah diragukan lagi prestasi dan pembimbingannya yang cukup ketat dibandingkan jurusan lainnya. Baiklah.. Sekarang kita akan membahas tentang jurusan Teknik Elektronika Industri (TEI). Jurusan ini memiliki pembelajaran yang kompleks dengan peralatan dan ruang praktik yang memadai. Bisa dikatakan peralatan dan media pembelajaran untuk memproduksi benda elektro udah berkualitas tinggi.
Tak hanya itu ya, jurusan TEI ini tidak hanya berkecimpung di dunia elektro aja lho, tapi juga mempelajari beberapa materi di jurusan lain, misalnya materi Pneumatik yang populer di kalangan anak-anak Teknik Mekatronika. Selain itu, materi Control Panel yang terkenal Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik juga kami pelajari. Gimana nggak luar biasa? Masih kurang juga nih betapa kerennya TEI?
Nah bener kan? Apa coba yang nggak ada di TEI? Kurang lengkap apanya lagi coba.. Selain peralatan yang lengkap, ruang praktik untuk pembelajaran juga cukup nyaman sebagai basecamp untuk mencari inspirasi kerja bengkel. Masih ragu dengan jurusan TEI? Takut masa depan suram? Santai aja Brooo.. pembelajaran di jurusan ini menggunakan sistem belajar seperti di dunia kerja sesungguhnya. Sebagai contoh nih ya, saat pembelajaran praktik bengkel para siswa akan menghadapi berbagai job dengan kurun waktu tertentu dan target pekerjaan yang harus maksimal. Model pembelajaran demikian akan membuat kebiasaan positif agar para siswa terbiasa dengan tantangan pada setiap tugas praktikum. Ditambah lagi dengan asah kemampuan persiapan kerja di perusahaan melalui kegiatan Prakerin (Praktik Kerja Industri), membuat kami semakin terdidik untuk selalu siap siaga bekerja di dunia industri.
Banyak deh pokoknya keuntungan memilih jurusan ini. Kalau diterusin ceritanya lagi, bisa kayak novel nanti, hehehe. Jurusan TEI adalah jurusan yang outputnya dapat menghasilkan lulusan berkualitas dan handal di bidang elektronika. Maka jangan sampai nyesel ya kalian yang belajar di Jurusan TEI, bagi yang di Jurusan lain, selamat mengembangkan bakat kalian sesuai passion masing-masing ya. Keren ya Guys! Semoga menginspirasi ya!

Tujuan Kompetensi Keahlian TEI

Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.
  1. Mendidik peserta didik dengan keahlian dan keterampilan dalam Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri (TEI) agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
  2. Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri (TEI).
Kompetensi Lulusan
Teknik Elektronika Industri SMK YPM 12 Tuban membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :
  1. Menguasai dasar elektronika dan listrik
  2. Mengusai kerja bengkel dan gambar teknik
  3. Menguasai Pemrograman Mikroprossor dan Mikrokontroller
  4. Menguasai Penerapan Rangkaian Elektronika
  5. Menguasai Sistem Rekayasa Robotik
  6. Menguasai Sistem Kontrol Berbasis MIkrokontroller dan Mikroprosesor
  7. Menguasai Sistem Pengendali Elektronik Dengan PLC dan Pneumatik
  8. Menguasai Perbaikan, Perawatan dan Pemeliharaan Peralatan Elektronik
  9. Mengembangkan Produk Kreatif dan Kewirausahaan
Prospek Lulusan/ Lapangan Pekerjaan
  • Sebagai tenaga operator/teknisi pada industri manufaktur (pabrik)
  • Operator listrik di kantor-kantor, hotel dan usaha-usaha layanan industri
  • Designer system control dan otomasi berbagai pabrik
  • Perusahaan Elektronika Mitra/pada Instansi Pemerintah, BUMN dan Perusahaan Swasta, seperti PT.BRI, Panasonic, kementrian perindustrian
  • Dapat bekerja di industri sebagai tenaga terampil untuk sistem otomasi elektronik dan PLC (Programmable Logic Controller) dan Pneumatic
  • Operator listrik di kantor-kantor, hotel dan usaha-usaha layanan industri
  • Dapat bekerja mandiri (berwirausaha) pada bidang elektronika dan kontrol otomatis
  • Bisa melanjutkan ke Perguruan Tinggi (Kuliah)
Fasilitas
  • Laboratorium Pembelajaran yang representative
  • Laboratorium Embedded System
  • Laboratorium Mikroprosesor dan Mikrokontroller
  • Laboratorium Elektropneumatik
  • Laboratorium Pemrograman PLC & HMI
  • Pembelajaran berbasis Multimedia
  • Pembelajaran dengan 80% Praktik dan 20% Teori
  • Pembelajaran dengan Inquiry, Problem, dan Project Based Learning
  • Menggunakan Job Sheet
  • Unit Kegiatan Siswa (Ekstrakurikuler Robotik)


 

Total Tayangan Halaman

-->